TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Ingin Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan Musim Panas? Perhatikan Beberapa Hal Berikut

Ingin Jaga Kesehatan Tubuh Saat Liburan Musim Panas? Perhatikan Beberapa Hal Berikut
Ilustrasi. Liburan di musim panas. (Dok. Canva)

TAJAM.net - Setiap orang pasti menantikan waktu liburan dengan suasana yang menyenangkan. Tetapi terkadang cuaca yang panas bisa menjadi permasalahan tersendiri.

Seharusnya, cuaca panas yang menyengat tak perlu menjadi penghalang untuk menikmati liburan jika Anda tahu cara mengatasinya.

Cuaca panas biasanya akan mengganggu aktivitas dan mobilitas. Belum lagi bagi orang-orang yang tidak tahan dengan suhu panas sehingga menyebabkan sejumlah keluhan, seperti iritasi kulit, pusing, dan dehidrasi.

Oleh karena itu, simak tips berikut guna menjaga tubuh agar tetap fit dan stamina terjaga selama menikmati liburan di musim panas, seperti dikutip dari pafikabkulonprogo.org.

Tips menjaga kesehatan tubuh saat liburan musim panas

1. Hidrasi tubuh

Dehidrasi adalah musuh utama saat cuaca panas. Pastikan Anda selalu membawa bekal air minum dan mengonsumsinya secara teratur. Tubuh yang terhidrasi  dengan baik akan membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mencegah kelelahan.

2. Asupan nutrisi yang cukup

Selain air putih, tubuh juga membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Jika diperlukan, Anda bisa mengonsumsi suplemen multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Istirahat yang berkualitas

Liburan memang identik dengan kegiatan yang menyenangkan, namun jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh. Tidur yang berkualitas akan membantu memulihkan energi dan menjaga daya tahan tubuh.  

4. Cerdas memilih waktu beraktivitas

Hindari beraktivitas di luar ruangan pada saat matahari berada di puncak teriknya, yaitu sekitar pukul 10.00 hingga 14.00. Pilihlah waktu yang lebih sejuk, seperti pagi hari atau sore hari, untuk melakukan aktivitas di luar ruangan.

5. Lindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Lindungi kulit Anda dengan menggunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi, mengenakan pakaian yang menutupi tubuh, dan memakai topi serta kacamata hitam.

6. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat setelah beraktivitas di luar ruangan dapat membantu membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan keringat. Selain itu, air hangat juga dapat membantu merelaksasi otot-otot yang tegang.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menikmati liburan dengan aman dan nyaman tanpa khawatir akan gangguan kesehatan akibat cuaca panas.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close