TfO0TSd7GpM9TSM9TpOiTpA8Gd==

Membanggakan, 5 Siswa Asal Indonesia Raih Medali Perak dan Perunggu dalam Olimpiade Ekonomi Internasional 2024

Siswa peraih medali perak dan perunggu dalam OEI 2024
Siswa peraih medali perak dan perunggu dalam OEI 2024
(Dok. Ist)

Tajam.net - Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh Indonesia di ajang olimpiade akademik internasional. 

Kali ini, tim SMA Indonesia berhasil meraih dua medali perak dan dua medali perunggu di International Economics Olympiad (IEO) 2024 yang berlangsung di Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok pada 22-31 Juli 2024.

Sebelumnya, ke-5 siswa berbakat ini telah menjadi pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang ekonomi tahun 2023.

"Peserta IEO tahun ini merupakan yang terbanyak dari tahun-tahun sebelumnya. Ada 53 tim dari 52 negara yang berkompetisi. Dengan kondisi cuaca yang panas para siswa menjalani kompetisi dengan semangat yang tinggi dan sangat baik," tutur Dwi Wulandari dalam keterangan yang dilansir dari detikEdu, pada Selasa (6/8/2024).

Terlebih, mereka harus melewati tiga tahap seleksi dan pembinaan intensif dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk mewakili Indonesia di IEO tahun ini.

Keikutsertaan tim Indonesia di IEO 2024 tidaklah mudah, mereka menghadapi banyak tantangan seperti jumlah pesaing yang banyak dan cuaca yang panas. 

Selain itu, format lomba IEO 2024 juga mengalami perubahan kecil dibanding tahun sebelumnya. Bahkan, bagian financial literacy yang dulu berbentuk games, tahun ini telah berubah menjadi praktik.

Dalam format baru ini, prestasi tim Indonesia mencatatkan rekor baru. Mereka berhasil menembus bagian final business case di tahun 2024. 

"Rekor kita di IEO tahun ini adalah menembus final business case untuk pertama kalinya," tambah Dwi

IEO merupakan kompetisi tahunan bagi pelajar SMA di seluruh dunia pada bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan. Kompetisi ini dirancang untuk menguji keterampilan dalam pemecahan masalah yang kreatif pada pelajar yang tertarik pada bidang tersebut.

Pada IEO 2024, terdapat tiga rangkaian lomba yakni Economics yang terdiri dari pilihan ganda dan pertanyaan terbuka, Financial Literacy yang terdiri dari teori dan soal-soal, dan Business Case yang terdiri dari presentasi kelompok.

Dari hasil IEO 2024, pemenang medali perak adalah Nazla Filia Adzkia Taqiya (SMAS Pribadi Bandung) dan Andrew Pratama Kho (SMAS Kristen 6 Penabur). 

Sedangkan pemenang medali perunggu adalah Nathanael Pradipta (SMAN 47 Jakarta) dan Gilbert Liean Wu (SMAS Darma Yudha Pekanbaru). 

Sementara itu, Karen Rianika Tanuwijaya (SMAS Kristen BPK Penabur Gading Serpong) belum berpeluang meraih medali.

Nazla Filia Adzkia Taqiya yang berhasil meraih medali perak mengakui bahwa perjuangan yang dilakukannya tidaklah mudah, karena pada tahun 2023 ia sempat gagal mewakili Indonesia di ajang yang sama. 

"Tahun 2023 aku hanya sampai di pembinaan tahap dua IEO. Aku mencoba lagi karena tahun lalu kembali dapat medali perunggu OSN. Alhamdulillah setelah mengikuti pembinaan dan seleksi lagi aku bisa mewakili Indonesia hingga dapat medali perak IEO," jelas Nazla panggilan akrabnya.

Namun, kegagalan tersebut justru menjadi semangat untuk mencoba lagi di ajang selanjutnya. 

Menurutnya, kegagalan hanya merupakan bagian dari proses dan bukan sesuatu yang harus ditakuti. Jadi, tidak masalah untuk mencoba lagi selama tidak berhenti di tengah jalan.

"Buatku prinsipnya sekali kita sudah memulai sesuatu, enggak apa-apa untuk diulang lagi, tetapi jangan berhenti di tengah perjalanan. Tentunya perjalananku ini sangat panjang karena tidak lepas dari dukungan Puspresnas, sekolah, orang tua, dan teman-teman," imbuh Nazla.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan informasi berita Indonesia terkini viral terbaru 2024, trending dan terpopuler hari ini dari media online TAJAM.net melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close